Cara Konfigurasi Samba pada Debian 8.4



Sebelumnya saya sudah bahas mengenai File Server / Samba Server, yang digunakan untuk sharing file atau menyimpan data, berikut konfigurasinya gan

#apt-get install samba
#nano /etc/samba/smb.conf



Buat Di Paling Bawah Seperti Gambar Di Atas
Keterangan  :

  • Browsable = Untuk Menampilkan Folder Sambanya yang Internal & Public
  • Path           = Untuk Tempat Menyimpan Foldernya
  • Guest ok    = Jika Di Yes Semua Orang Bisa Mengaksesnya, Jika No Harus Menggunakan Users Loginnya
  • Read only  = Untuk Read Only Saja
  • Writeable   = Untuk Bisa Mengganti/Membuat File/Folder Di Samba
  • Users          = User Untuk Login Di Samba


#mkdir -p /data/internal
#mkdir -p /data/public
#chmod 777 -Rf /data
#adduser ikhsan
#smbpasswd -a ikhsan

Sekarang Saya Cek Sambanya Di PC Saya Sendiri
Untuk pengetesan saya seting debian servernya menjadi host-only, agar PC/Laptop yang saya gunakan bisa mengaksesnya

Tekan tombol Windows + r
lalu masukan IP Servernya




Lalu Tekan Enter



Oke Selesai Gan

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »