Pengertian DNS Server



Pengertian

DNS & DNS Server
Domain Name System (DNS) adalah sebuah standard dalam teknologi untuk mengatur penamaan publik dari sebuah situs website atau domain internet. Dengan adanya teknologi DNS, memungkinkan anda untuk mengetikkan atau menulis nama atau domain ke sebuah web browser (misal kinglearnit.blogspot.com) dan komputer Anda akan secara otomatis menemukan alamat IP dari domain tersebut di internet. Elemen kunci dari DNS adalah seluruh DNS Server yang ada di dunia.

DNS server adalah komputer / server yang terdaftar dan terhubung ke Domain name System (DNS). 
DNS Server bertugas menjalankan software networking khusus, yang memetakan alamat IP yang berisi database nama network dan internet hostname.

Fungsi DNS Server

DNS berfungsi untuk menerjemahkan hostname menjadi alamat IP address atau menerjemahkan alamat IP address menjadi hostname. Sebagai contohnya tadi hostname kinglearnit.blogspot.com dengan alamat ip address 172.22.2.2 . 

Orang lebih suka mengetik kinglearnit.blogspot.com daripada ip addressnya pada bar search baik itu di mozila maupun chrome. Hal ini karena nama kinglearnit.blogspot.com lebih mudah diingat daripada angka ip address. 

DNS digunakan untuk mengetahui informasi secara lengkap mengenai sebuah hostname yang ada di internet baik itu alamat IP address, alamat lokasi server atau hostname, dan waktu yang digunakan.

DNS Server berfungsi sebagai sebuah database server yang menyimpan alamat ip address yang digunakan untuk penamaan sebuah hostname. Jadi ketika kita mengetik kinglearnit.blogspot.com maka DNS server akan menerjemahkan ke alamat ip address dan menghubungkan ke kinglearnit.blogspot.com akhirnya tampil kinglearnit.blogspot.com pada layar pencarian.

Kelebihan DNS Server

  • DNS membuat halaman situs (baik website ataupun blog) menjadi lebih mudah untuk dihafalkan.
  • DNS mudah untuk dikonfigurasi oleh admin.
  • Konsistensi, dengan menggunakan DNS, alamat host name menjadi tidak berubah meskipun IP Address yang digunakan pada sebuah komputer telah berubah.


Kekurangan DNS Server

  • DNS tidak mudah untuk diimplementasiakn
  • User tidak dapat menggunakan banyak nama untuk mencari nama domain baik di internet maupun intranet.
  • Tidak bisa membuat banyak nama domain.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »